Gunakan Bahan Drainage Cell untuk Drainase Terbaik pada Taman

Pembuatan taman yang baik, tentu membutuhkan suatu drainase/pengairan air yang baik pula. Sehingga dengan drainase yang baik, akan membuat taman lebih sehat.  Sekarang ini ada metode yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki  sistem drainase taman anda, yaitu dengan Gunakan Bahan Drainage Cell.

Drainage Cell sendiri adalah sebuah panel dari plastik berbahan Polypropylene (PP) berbahan plastik daur ulang. Berbentuk persegi dan mudah dibongkar pasang. Karena berbahan plastik, produk ini mempunyai bobot yang sangat ringan. Kelebihan lain selain memilik bobot ringan, produk ini memiliki kekuatan tekan hancur yang tinggi. Memiliki tinggi 2-3 cm dengan ukuran sisi 50cmx50cm per lembar nya.

Gunakan Bahan Drainage Cell

Drainage Cell bisa diletakkan diantara lantai beton dan media tanah/tanah. Dengan adanya drainage cell akan menghasilkan ruang kosong berjarak 2-3 cm dari lantai beton, dan ruang kosong ini akan mempermudah air untuk keluar menuju ke saluran pembuangan.
Sehingga dengan tidak tergenangnya air, yang dapat membentuk rembesan dan membuat kondisi tanah taman/lantai lebih lembab. Yang pada akhirnya taman yang dibuat, dapat tumbuh sehat dan lantai beton juga terjaga.

Menggunakan Drainage cell mempunyai banyak nilai plus, seperti: desainnya  fleksibel, ringan namun memiliki tekanan yang kuat, efisien, sangat mudah dan cepat pada proses instalasinya, Mudah menyimpan dan mobilisasinya, ramah lingkungan, awet/tahan lama dengan biaya perawatan yang murah. Drainage cell sangat ringan,  dapat memperkecil beban susunan beton jika dibandingkan dengan sistem konvensional.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di no hp berikut. 081284624462

Masalah Drainase Pada Taman

Ketika membuat taman atap. Biasanya ada beberapa kendala yang sering dialami ketika akan membuat taman atap seperti Masalah Debit Air, Masalah Bahan Drainage Cell yang digunakan, dan Masalah Kemiringan Tanah.

Masalah Debit Air

         Air adalah bagian terpenting karena manfaatnya dan juga bisa menjadi masalah dalam pembuatan taman atap. Dengan air yang cukup, tanaman yang ditanam akan menjadi sehat. Namun masalah yang selalu terjadi adalah, terlalu lamanya air mengendap di lapisan taman, sehingga menyebabkan genangan air dan lembabnya lapisan tanah/dak beton atau kebocoran pada dak beton.
Jangan sampai terjadi genangan air di taman, yang pada akhirnya dapat membuat rembesan atau bocor ke lantai bangunan. Ada baiknya, dasar lantai taman dilapisi dengan lapisan waterproof. Selanjutnya baru di lapisan atasnya di berikan Drainage Cell, dan dilapisin lagi dengan Geotextile Non Woven untuk mencegah media tanam terbawa air dan baru yang terakhir memasukkan media tanam seperti  tanah atau rumput.
Penggunaan lapisan waterproof bertujuan agar air dari atas tidak tembus masuk ke lapisan beton atau dak lantai atas.
        Sedangkan Geotekstil Non Woven berguna sebagai  filter yang dapat menahan agar  butiran kecil dari tanah  tidak  ikut  bersama aliran air turun ke saluran pembuangan air.
Apabila suatu taman atap tidak mempunyai drainase yang baik, ketika hujan lebat malah bisa membuat masalah baru, yaitu terjadinya genangan air/banjir. Dengan menggunakan Drainage Cell, masalah debit air dapat terselesaikan dengan mudah, karena air yang tergenang bisa langsung mengalir ke saluran pembuangan.

Gunakan Bahan Drainage Cell

Masalah Bahan Drainage Cell yang Digunakan

        Drainage Cell dibuat dari bahan plastik Polypropylene (PP),  karena berbahan plastik membuat bobotnya lebih ringan. Walau berbahan plastik,  produk ini dapat menahan beban yang berat. Material ini memiliki ketebalan  2cm dan 3cm,  yang berbentuk panel berukuran 50cm x 50cm. Untuk ukuran 3cm, memiliki berat sekitar 3 kg/m2. Dan untuk tebal 2cm beratnya 2kg/m2. Berat ini jauh lebih ringan dibanding batu kali dengan tebal 15-20 cm, yang menambah beban pada plat beton 100-159 kg/m2.
        Drainage Cell juga mampu  menahan beban seperti tanah, bahkan kendaraan. Memiliki tingkat laju pengaliran air yang tinggi. Selain memiliki bobot yang ringan, produk ini juga tahan terhadap bahan kimia dan bakteri. Mampu menahan beban lintasan dari kendaraan. Memiliki tingkat laju pengaliran air yang tinggi. Bertahan sangat lama serta mudah dipindah-pindahkan, mudah untuk dipasang. Menggunakan drainage cell, untuk drainase taman atap anda adalah solusi sangat praktis dan hemat biaya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di no hp berikut. 081284624462

Masalah Kemiringan Tanah

        Dalam membuat taman atap, kemiringan juga menjadi faktor penting. Kemiringan yang benar akan membuat aliran air keluar lebih cepat. Ketika membuat taman atap, selalu perhatikan kemiringan dak betonnya. Untuk dak atap sebagai alas, buatlah kemiringan 1%, yang artinya setiap 100 cm panjang lantai, ada penurunan ketinggian sekitar 1 cm. Pertimbangan ini dibuat agar tanamannya  tidak jatuh tergelincir.
       Dan perlu diingat juga, bahwa taman atap tidak bisa hidup hanya mengandalkan air hujan saja. Taman Atap juga butuh perawatan ya. Sediakan saluran air untuk menyiram tanaman yang mudah di jangkau.
        Dengan adanya Taman Atap bisa menjadi solusi taman di atas atap, yang sekaligus berfungsi. Menurunkan tingkat panas yang meresap ke bangunan dan yang dipantulkan ke atmosfer. Suhu udara ruangan juga bisa menjadi lebih rendah yaitu sekitar 3-4 derajat celcius dibandingkan dengan suhu udara di luar ruangan akibat proses evaporasi dan transpirasi tanaman yang mempengaruhi suhu termal bangunan. Bahkan, bila tanaman yang ada di bagian atap mempunyai tinggi sekitar 10 cm maka dapat mengurangi pemakaian AC sekitar 25%.

Baca Juga: Fungsi Drainage Cell dalam Setiap Proyek Sipil

Gunakan Bahan Drainage Cell

Drainage Cell untuk Taman Atap (Roof Garden)

Masyarakat Kota memiliki aktivitas yang lebih padat,  yang membuat  mereka harus mengeluarkan energi dan pikiran yang lebih banyak. Maka tak heran mereka lebih cepat stres dan lelah. Ditambah kondisi lingkungan kota yang tidak banyaknya tanaman hijau, yang bisa membantu mereka untuk lebih rileks dalam menjalani kehidupan. Apalagi dengan banyaknya pembangunan rumah susun, apartemen atau gedung, yang membuat lahan tanah kosong semakin terbatas.

Namun sekarang, semua ini bisa diatasi dengan pembuatan taman diatas atap.
Yup benar.. Taman di Atas Atap.

Biasanya kita membuat taman langsung ke dasar tanah. Seiring dengan semakin sedikitnya lahan hijau yang ada, terutama di perkotaan. Maka muncullah ide dari para inovator dengan membuat taman atap yaitu membuat taman di atas atap. Taman Atap / Roff Garden adalah sebuah inovasi baru, untuk mendapatkan taman di atas rumah, apartemen, kantor, atau yang memiliki lahan yang sempit. Taman Atap juga bisa berfungsi sebagai filter udara yang membuat udara lebih bersih

Untuk membuat Taman Atap, Anda membutuhkan struktur dan konstruksi atap yang spesifik dan kuat. Karena konstruksi dak atap tidak hanya menyangga beratnya sendiri, tapi juga berat tanah, tanaman, air dan manusia yang ada di roof garden.
Umumnya dalam membuat taman atap, biasa menggunakan batu kali yang dipasang satu instal dengan ijuk. Posisi batu kali bisanya diletakkan di atas ijuk. Namun pemakaian batu kali ini akan membebani berat dari plat beton.

Untuk mengurangi beban plat beton ini, sekarang sudah ada solusi terbaru dengan menggunakan Drainage Cell. Drainage cell akan membuat beban plat beton lebih ringan. Dan juga membantu dalam mengalirkan air menuju ke saluran pembuangan. Sehingga kondisi taman tetap terjaga dan tumbuhan dapat tumbuh dengan subur.

Secara umum lapisan konstruksi dari Taman Atap (green roof) adalah sebagai berikut:

1) Plat lantai beton sebagai alas atau struktur atap.

2) Water Proof Membrane lapisan untuk menutupi keseluruhan permukaan atap yang merupakan lapisan anti air.

3) Drain mat, lapisan sebagai tempat bergeraknya aliran air yang berasal dari air penyiraman dan air hujan menuju pembuangan. (contoh produk seperti drainage cell)

4) Filter Cloth lapisan untuk memisahkan lapisan drain mat dan media tanam. (contoh produk seperti geotextile non woven)

5) Growing medium lapisan tempat tumbuh tanaman. (contoh produk seperti tanah, pasir)

6) Tanaman atau pohon

Ingin tanya-tanya tentang fungsi drainage cell untuk proyek Taman Atap atau Planter Box Anda, silahkan hubungi kami di no 081284624462.
Kami melayani konsultasi gratis seputar produk drainage cell.

 

Drainage Cell untuk Lapangan Bola

Gunakan Bahan Drainage Cell

Kelangsungan    pertandingan    sepak bola sangat bergantung pada sistem drainase yang ada. Karena dalam pembuatan lapangan sepakbola, salah satu hal yang penting adalah tidak adanya tanah yang becek, karena genangan air.

Lapangan yang tergenang air, bisa menjadi bencana bagi para pemain yang bertanding. Karena akan sangat sulit bagi para pemain bola untuk mengoper bola, tepat kepada rekannya di lapangan yang tergenang air.

Adanya genangan air, juga bisa membuat  jadwal pertandingan sepak bola mundur  dari jadwal semula dikarenakan lapangan yang masih tergenang air. Bayangkan kerugian yang akan didapatkan oleh semua pihak baik panitia, pemain dan penonton.

Nah, solusi singkat untuk semua permasalahan itu adalah menggunakan Drainage Cell.

Dengan menggunakan Drainage Cell, lapangan bola akan mempunyai sistem drainase yang akan menghilangkan air dari permukaan lapangan dengan cepat untuk mencegah terjadinya genangan, serta bisa memastikan air sisa tersebut tidak menyebabkan kerusakan pada struktur sistem drainase yang berada di bawah lapangan.

Selain bisa membuang genangan air  di  permukaan  lapangan,  sistem  drainase yang    baik juga   dibutuhkan    untuk    menjaga kondisi  tanah  agar  tidak  terjadi  erosi  yang mengakibatkan permukaan lapangan bergelombang    atau    tidak    rata    sehingga rumput menjadi rusak. Dan Drainage Cell, bisa membantu masalah tersebut.

Walau memang  di  sisi  lain,  curah  hujan  yang  tinggi dapat memberikan keuntungan jika dimanfaatkan     secara     optimal.     Dengan menggunakan geotekstil, air  hujan  yang jatuh   dapat   di   tampung   dan   digunakan kembali.  Geotekstil  berfungsi  sebagai  filter yang dapat menahan tanah pada bagian hulu agar  butiran kecil tanah  tidak  ikut  bersama aliran. Bebasnya lapangan dari genangan, tentu  akan memperlancar pertandingan sepak bola.

Gunakan Drainage Cell sebagai Solusi Terbaik untuk Drainase

Drainage Cell cocok dan bagus untuk diaplikasikan di roof garden atau taman atap. Selain itu Drainage Cell dapat digunakan pada basement wall, retaining wall, planter box dan lapangan olahraga seperti: futsal, sepakbola, golf dan sebagainya.

Drainage Cell dirancang untuk mengolah air yang ada dibawah lapisan tanah serta menjamin secara efisien sistem pembuangan air. Drainage cell menawarkan solusi mudah dan murah.

Perlu diingat juga, dalam pemasangan Geotextile Non Woven, disarankan untuk melebihkan 5-10 cm dari ukuran pemasangan drainage cell nya. Untuk menghindari media tanam masuk melalui celah pada bagian tepi Drainage Cell.

Apabila anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang drainage cell untuk pembuatan taman atau pembuatan lapangan bola. silahkan hubungi kami di no berikut. tim kami akan memberikan penjelasan lebih lanjut kepada Anda.

Wujudkan pembuatan taman anda dengan Drainage Cell sekarang juga. Apabila anda tertarik untuk bertanya mengenai drainage cell ini, silahkan hubungi kami no no 081284624462

 

Hubungi kami di sini

Geobitaro: 081284624462

 

Tinggalkan komentar