Drainage Cell, Pengertian dan Pengaplikasiannya

Drainage cell adalah modular drainase yang ringan dan berkekuatan tinggi, dirancang khusus untuk drainase permukaan bawah dan melindungi lapisan membran waterproff. Drainage Cell terbuat dari plastik polypropylene berkekuatan tinggi dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi seperti taman teras, sistem penanam dan podium, dinding penahan ruang bawah tanah, dek lanskap, sistem filtrasi kolam, lapangan olahraga, dll. Drainage Cell memiliki 2 macam ketebalan mulai dari 2cm hingga 3cm. Produk ini juga diakui oleh arsitek lanskap karena fleksibilitas dan bobotnya yang ringan.

Drainage Cell memiliki berbagai kelebihan yaitu:

  • Dapat dengan mudah dipasang, karena mempunyai sistem interlocking
  • Dapat menampung dan menyalurkan air dengan volume yang tinggi
  • Didesain dengan permukaan berlubang dan volume ruang kosong internal yang tinggi

Pengertian Drainage Cell   

Apa saja Keuntungan menggunakan drainage cell:

  • Kapasitas pembuangan air yang sangat baik.
  • Daya dukung yang unggul untuk menahan tekanan mekanis selama dan setelah pemasangan.
  • Kedalaman tanah minimum yang dibutuhkan.
  • Instalasi Mudah & Cepat.
  • Irigasi minimum air.
  • Forte Kompresif Ringan dan Tinggi
  • Penggunaan bisa secara horizontal dan vertikal
  • Tahan terhadap asam organik, basa, dan garam
  • Anti UV, Kuat dan Bebas Perawatan
  • Biaya kecil, pemasangan mudah dan cepat

Drainage cell

Jenis Drainage Cell

Drainage Cell yang berbentuk seperti lembaran ini, memiliki ukuran 50cm x 50cm.

Memiliki 2 jenis ketebalan:

  1. Ketebalan 3cm, memiliki berat sekitar 3kg/m2.
  2. Dan untuk tebal 2cm beratnya sekitar 2kg/m2.

Berat ini jauh lebih ringan dibanding batu kali dengan tebal 15-20 cm, yang dapat menambah beban pada plat beton 100-159 kg/m2.

Drainage cell yang terbuat dari plastik daur ulang polypropylene ini, mempunyai daya tahan sampai bertahun tahun. Modul ini juga tahan bahan kimia dan bakteri yang ada didalam tanah dan mempunyai kekuatan tekan yang tinggi.

Apabila Drainage Cell ingin dipasang secara vertikal, seperti untuk pekerjaan dinding basement. Sebelum dipasang ke dinding basement, terlebih dahulu drainage cell harus dibungkus dengan lapisan kain geotekstil non woven. Gabungan produk ini akan membentuk saluran pembuangan air yang sangat fungsional, tipis, dan sangat menonjol dengan kemampuan mengalirkan air yang sangat tinggi.

Di sisi lain, jika diletakkan secara mendatar, akan membentuk sistem drainase horizontal yang sempurna untuk taman atap, podium, lapangan olahraga. Karena efisiensi, keandalan, dan umurnya yang panjang, produk ini sangat-sangat bisa menjadi produk andalan dalam hal solusi drainase permukaan bawah.

Geotekstil memiliki sejarah panjang penggunaan dalam filtrasi, drainase sub-tanah, lapisan pemisah dan aplikasi perlindungan. Geotextile non woven merupakan produk berbasis polimer yang dibuat dari berbagai proses. Umumnya untuk drainase sub-tanah. Geotextile non woven yang dibuat dengan proses jarum berlubang adalah jenis Geotextile yang paling cocok yang harus dipilih untuk digunakan. Bahan Polimer yang ditawarkan adalah polipropylen atau polyester.

Geotekstil non woven dibuat dari ekstrusi serat yang kemudian diletakkan di atas “alas” pabrikan dan kemudian dilubangi dengan jarum untuk menjerat serat sedemikian rupa sehingga produk yang secara dimensi stabil terbentuk. Beberapa perlakuan termal tambahan kemudian diterapkan untuk lebih meningkatkan kekuatan geotekstil. Karena proses manufaktur ini, Geotekstil non woven umumnya paling baik digunakan dalam aplikasi drainase, filtrasi, dan perlindungan.

Apabila anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk drainage cell,
silahkan hubungi kami di no ini: 0812-8462-4462.

Apa Saja Fungsi Drainage Cell

Air adalah sumber dari semua kehidupan, tetapi terlalu banyak air dapat menyebabkan masalah yang signifikan bahkan di ruang taman. Kelebihan air dapat menyebabkan pembusukan akar dan penyakit di antara tanaman. Jika ruang hijau Anda berubah menjadi lahan basah setiap kali hujan, ini mungkin menunjukkan bahwa taman Anda sangat membutuhkan sistem drainase

 Apa cara terbaik untuk memperbaiki drainase taman Anda? Hujan yang selalu turun terutama selama musim hujan, dapat membuat para pemilik kebun frustrasi, karena melihat kebun mereka berubah menjadi rawa. Kejadian ini memiliki efek jangka panjang bagi tanaman, karena drainase yang baik sangat penting untuk menyuburkan tanaman dan menjaga rumput tetap sehat.

Anda bisa memperbaiki sistem drainase anda dengan menggunakan drainage cell.
Tertarik ini mengetahui fungsi drainase cell, silahkan hubungi kami di no ini 0812-8462-4462..

Kelebihan dan Kekurangan Drainage Cell

Drainage Cell sangat mudah dipasang, dan juga tidak membutuhkan waktu lama. Hanya dengan menggabungkan setiap sisi sesuai dengan pengait interlockingnya, maka dalam hitungan detik, drainage cell selesai digabung.

Drainage cell

Selain menawarkan pengaliran air yang lancar, modul ini dapat juga menghindari genangan air. Manfaat signifikan lainnya menggunakan Drainage Cell, modul ini mampu menghilangkan tekanan hidrostatik yang signifikan di tanah dan mengarahkan kelebihan air ke tangki penyimpanan atau tempat penampungan. Produk ini juga tahan terhadap semua jenis serangan biologis dan berbagai bahan kimia yang terbawa tanah. Selain itu, mereka menutupi lebih dari 80% dari total luas permukaan permeabel.

Karena jangkauan aplikasinya yang luas, kinerja, kenyamanan, dan keefektifan biaya, produk ini menjadi populer dari hari ke hari untuk menghasilkan drainase yang lancar dan mencegah genangan air.

 Inilah beberapa kelebihan Drainase Cell:

  • Bobotnya sangat ringan, sehingga mudah diangkat dan dipasang.
  • Mempunyai tingkat laju pengaliran udara yang tinggi, karena hampir 80% adalah rongga.
  • Tidak akan ada udara yang tersumbat, karena memiliki cukup ruang pengaliran udara.
  • Kuat menahan beban berat
  • Drainage Cell dapat dipasang secara horizontal dan vertikal, sesuai dengan kebutuhan proyek.
  • Lebih cepat dipasang dan dikelola, dibandingkan dengan sistem drainase tradisional.
  • Tahan terhadap kontaminasi kimia dan bahan korosi, dan tidak mencemari lingkungan

Untuk pekerjaan taman yang proyek penghijauannya terletak di atas langit /taman atap, dan tidak lagi terhubung dengan lapisan tanah bumi, ini merupakan tipikal langit buatan, sehingga habitatnya sangat berbeda dengan menaman di tanah permukaan bumi langsung. Penanaman di atas atap  dengan kondisi cahaya matahari ini bisa menjadi kelebihan untuk tanaman. Unsur-unsur yang menguntungkan itu adalah: menanam di atas atap gedung memiliki cahaya yang kuat dan mendapat waktu pencahayaan yang lebih lama, sehingga itu dapat dimaksimalkan untuk pertumbuhan tanaman.

Manfaat dari Penggunaan Drainage Cell

Penasarankah anda tentang bagaimana sebuah taman bisa menjadi indah? Dan bagaimana cara membawa keindahan taman tersebut ke taman anda sendiri…? Jawabannya adalah dengan menanam bunga.

Seperti kita ketahui bersama, bunga tidak bisa hidup tanpa air. Kecukupan air adalah kondisi yang sangat penting untuk pertumbuhan bunga. Tapi apa yang bisa Anda lakukan saat musim kering, dimana tidak ada hujan yang turun?

Drainage Cell adalah bagian penting dari sistem penghijauan atap dan berperan sebagai penyimpanan air dan drainase. Drainage Cell yang dicetak dari bahan plastik Polypropylene ini, memiliki kekuatan tekan sangat tinggi, yang tidak akan  rusak atau pecah. Dalam praktek pemasangannya, menutup drainage cell dengan kain geotextile non woven akan menghasilkan permeabilitas dan tonase air yang lebih tinggi. Pemasangan modul drainage cell ini juga sangat  mudah dan cepat serta sangat aman.

Drainage Cell memiliki 8 keunggulan:

  1. Sebagai Drainase Air: Drainage Cell yang dikombinasi dengan kain geotextile non woven, dapat menghilangkan genangan air hujan dengan segera dan secara efektif mengurangi tekanan atap yang disebabkan oleh curah hujan.
  2. Sebagai Penyimpanan Air: Drainage Cell dapat menyerap dan menyimpan kelembaban yang berlebihan dari lapisan tanaman dan menyediakan kelembaban yang dibutuhkan tanaman saat tanah kekurangan air terutama sewaktu terjadi kekeringan.
  3. Sebagai Ventilasi: Desain khususnya membantu tanaman agar tetap memiliki ventilasi udara yang baik di bagian bawah, meningkatkan sirkulasi udara dan memastikan tersedianya oksigen bagi akar tanaman.
  4. Insulasi Panas: Posisi peletakan drainaga cell yang berada di bagian paling bawah tanaman, membantu tanaman yang terkena dampak panas sinar matahari langsung dan dari alas beton yang sangat dingin. Yang desain strukturnya dapat memberikan ruang sejuk, dan dapat menyerap panas dari lapisan struktur untuk membentuk troposfer udara.
  5. Produk Sangat Aman: Bahannya yang terbuat dari plastik dan memiliki bobot ringan, tidak akan menambah beban stuktur atap.
  6. Perlindungan Terhadap Lingkungan: Produk ini adalah 100% plastik daur ulang, sehingga tidak akan menyebabkan polusi terhadap lingkungan.
  7. Kuat Tekan Tinggi: Kekuatan tekan untuk pelat drainase ini, bisa mencapai 80 ton per persegi, sangat cocok untuk semua jenis lanskap di atap.
  8. Harga Murah: Produk sangat ringan, pemasangan mudah, konstruksi cepat, biaya konstruksi rendah dan perawatan sederhana. Drainage Cell ini dapat membuat bunga tumbuh dengan baik.

Bayangkanlah jika semua bunga-bunga di taman Anda sedang bermekaran. Sangat indah sekali bukan..?

 

Drainage cell

Jadi.. biarkanlah drainage cell membantu mempercantik taman anda,
dengan menghubungi kami di no ini: 0812-8462-4462.

Pengaplikasian Drainage Cell

Ada banyak sekali, penggunaan drainage cell ini dalam rangka memperbaiki sistem drainase. Berikut beberapa proyek yang bisa menggunakan drainage cell :

  • Proyek secara Vertikal
  • Proyek secara Horizontal
  • Abutmen Jembatan
  • Lapangan Golf
  • Tempat pembuangan sampah
  • Lansekap
  • Dinding Penahan
  • Road Edge
  • Lapangan olahraga
  • Terowongan
  • Lapangan Golf
  • Atap hijau(taman atap)
  • Paving
  • Kotak penanam (planter box)
  • Jalan raya
  • Lapangan olahraga

Banyak sekali bukan, manfaat dari penggunaan drainage cell. Apabila anda tertarik ingin bertanya lebih lanjut mengenai produk ini, silahkan hubungi kami di no ini 0812-8462-4462.

Cara Pemasangan Drainage Cell

Banyak orang ingin berkebun namun kadangkala keinginan tersebut terhambat karena lokasi tempat tinggalnya mengandung kadar garam, mereka  tidak ingin kandungan garam ini menyentuh daerah akar tanaman, yang tentu akan menyebabkan akar menjadi mati. Untuk permasalahan ini, Anda bisa menggunakan drainage cell walau berada di daerah yang mengandung air garam. Drainage cell bisa menjadi solusi bagi anda. Anda bisa menjauhkan air garam ini dari akar tanaman dengan menggunakan drainage cell. Dan membiarkan air tawar untuk tetap berada di area akar tanaman anda.

Drainage Cell memiliki 2 sisi yang mirip, tapi ada sedikit yang berbeda. Dibagian sisi lain memiliki permukaan yang berlubang tanpa ada lengkungan penampung air. Sedangkan sisi yang lain memiliki permukaan berlubang dan ada sedikit lengkungan untuk menampung air.

Baca Juga:
Drainage Cell Murah Harga Resmi Cuma Ada Disini!

Teknis Prosedur Instalasi Drainage Cell untuk sistem drainase tanaman

  • Pertama kita dapat meletakkan selembar geomembrane (waterproofing), untuk menghindari kerusakan pada alas beton lantai, pasang sekeliling ukuran taman
  • Pasang drainage cell sesuai dengan conector yang telah disediakan
  • Perhatikan juga, pilih sisi permukaan yang ada lengkungan penampung air, posisikan di sebelah atas. Sedangkan sisi permukaan drainage cell yang polos, posisikan di sebagai alas.
  • Tempatkan drainage cell secara mendatar dan juga tegak lurus.
  • Potong drainage cell untuk saluran pembuangan, sesuai bentuk.
  • Letakkan kain filter seperti geotextile non woven di atas drainage cell, biarkan kain filter ini melindungi sekeliling drainage cell.
  • Tempelkan geotextile non woven di atas drainage cell, menggunakan lem.
  • Pastikan semua komponen mempunyai alur air yang menuju ke saluran pembuangan
  • Masukkan lapisan pasir kasar yang berfungsi sebagai lapisan filtrasi di atas kain geotextile
  • Lalu isi tanah sampai kedalaman tertentu.
  • Terakhir masukkan tanaman yang siap ditanam
  • Terakhir silahkan tanam tanaman yang sudah direncanakan.

Drainage cell

Siap berpetualang dengan drainage cell dan sarung tangan kebun anda, yuk perbaiki drainase kebun anda dengan drainage cell.

Untuk info lebih lanjut silahkan kontak kami di no 0812-8462-4462.

 

 

 

Tinggalkan komentar