Analisa Geobag Sebagai Pelindung Pantai

GEOBAG.
Indonesia merupakan negara yang memiliki pantai terpanjang kedua setelah negara Kanada, dengan total garis pantai yang di miliki Indonesia seluas 81.000 km. Garis pantai yang dimaksud adalah tempat pertemuan antara bagian laut dan daratan, disaat air laut berada pada gelombang pasang tertinggi.

Garis laut bisa berubah atau berkurang saat terjadi proses abrasi, yaitu erosi pantai karena kekuatan gelombang laut. Proses Abrasi ini, terjadi hampir diseluruh pantai wilayah Indonesia. Abrasi pantai tidak hanya menimbulkan garis pantai menjadi semakin pendek, tetapi jika dibiarkan tanpa solusi perbaikan, dapat mengundang bahaya yang lebih besar bagi sekitar.

Abrasi pantai di beberapa daerah yang sudah sangat memprihatinkan membutuhkan solusi yang cepat. Abrasi perlu diberikan penanganan yang cepat, karena dapat merusak fasilitas umum di sepanjang pantai seperti: pelabuhan, tempat rekreasi, tempat penangkapan ikan dan juga jalan raya . Selain fasilitas umum, perumahan warga atau tempat penginapan pun dapat terancam  keselamatan pondasi strukturnya.

Abrasi dapat menjadikan pesisir pantai terancam tenggelam dan mengancam kehidupan ratusan orang-orang dan fasilitas umum disekitar pesisir.

geobag

Abrasi pantai bisa ditanggulangi dengan cepat, menggunakan Geobag. Dalam beberapa tahun terakhir, kantong geotekstil yang berisi pasir atau yang biasa disebut dengan nama Geobag ini, telah menjadi metode yang populer untuk melindungi tepi sungai atau pantai untuk jangka panjang.

Apabila anda tertarik untuk mengetahui fungsi produk ini,
anda bisa menghubungi kami di no 0812-8462-4462.

Mari kenali dulu asal mula produk penahan abrasi ini, geosintetik, sebelum mengenal Geobag.

Geosynthetics terdiri dari kata Geo yang artinya bumi dan sintetik yang artinya buatan. Karenanya Geosynthetics adalah bahan buatan yang digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan bumi atau tanah. Dalam istilah, geosintetik berarti bahan buatan manusia, terbuat dari polimer (sejenis plastik), yang digunakan dalam teknik sipil yang berkaitan dengan tanah dan batuan.

Apa saja yang termasuk dalam golongan Geosintetik:

  • Geotextile
  • Geomembrane
  • Geocomposit
  • Geocell

Secara garis besar, fungsi Geosintetik dapat digolongkan menjadi:

  • Separator (Separation)
  • Filtrasi (Filtration)
  • Drainase (Drainage)
  • Perkuatan (Reinforcement)
  • Penahan cairan (Containment)

Ada beberapa keuntungan menggunakan geosintetik karena terbuat dari polimer sehingga bahannya tidak terdegradasi / dirusak oleh mikroba, ditambah harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan cara biasa.

Geotekstil adalah kain sintetis tipis, luwes, dan mampu dilewati air yang digunakan untuk penstabilisasi dan perbaikan tanah yang terkait dengan pekerjaan teknik sipil. Menggunakan geotekstil adalah cara modern untuk memperkuat tanah lunak.

Masalah yang Terjadi di sekitar Pantai

Geobag bisa digunakan untuk melindungi pantai dari abrasi, sehingga daerah sekitar pesisir tidak akan tergerus ombak, yang dapat mengganggu fasilitas atau permukimam sekitar. Ada banyak manfaat dari produk kantung geotextile ini.

Fungsi dan manfaat Geobag

  1. Pemecah Gelombang Pantai
    Fungsi geobag yang pertama adalah memecah gelombang pantai. Arus pantai, yang sering ditemukan di dinding tebing, bahkan sering diterjang ombak yang tidak terkendali.
    Geobag dapat ditempatkan di sepanjang pantai sehingga akan menghalangi ombak yang menerjang. Geobag juga memberikan perlindungan dari gelombang yang kerap menyerbu pemukiman. Geobag menahan gelombang sehingga ombak dapat kembali ke laut. Jika Anda ingin melihatnya sendiri, pasti ada geobag di setiap tepi pantai terutama pantai yang mempunyai gelombang besar.
  2. Pelindung Abrasi Pantai
    Abrasi merupakan salah satu erosi yang disebabkan oleh gelombang pantai yang merusak. Dalam kasus lain, keausan sering disebut dengan erosi pantai, dimana kerusakan garis pantai disebabkan oleh gelombang laut yang fluktuatif. Penggunaan geobag memiliki kelebihan dalam mencegah abrasi pantai. Biasanya gelombang laut sering menimbulkan kerusakan terhadap lingkungan pantai. Sehingga kondisi lingkungan terganggu akibat gelombang laut. Memiliki geobag di pantai akan mencegah terjadinya abrasi pantai.
  3. Tanggul Penahan Material Timbunan
    Geobag juga berfungsi sebagai bantalan untuk menahan timbunan tanggul. Jika ada aliran air masuk, maka akan dihentikan oleh geobag yang telah dibuat. Pastikan tanggul geobag tertata rapi agar tetap kuat meski terkena ombak besar. Dengan cara ini gelombang yang datang tidak akan merusak tanggul penahan lereng.
  4. Konstruksi Lahan Basah
    Geobag sangat penting ditempatkan di pantai untuk mencegah munculnya gelombang besar di dataran tinggi. Geobag sangat bagus untuk lahan basah seperti rawa. Dengan installer geobag di pinggir pantai tentunya sangat cocok untuk anda aplikasikan. Semakin banyak geobag yang dipasang, semakin besar kekuatan geobag tersebut sehingga semakin mudah memblokir arus gelombang laut.

Geobag

Menyempitnya Area Pantai

Geobag dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran dan bentuk, sesuai dengan dengan yang diinginkan dalam persyaratan desain dan pemasangan. Kantung geotextile ini dapat ditempatkan di lahan kering tetapi juga dapat dipasang di air pada kedalaman berapa pun. Geobag ini diisi dengan pasir dan port pengisian tas ini ditutup menggunakan cincin panas dan tas diangkat menggunakan pengangkat dan pengaturan balok. Untuk pencegahan erosi di garis pantai, geobag ditempatkan di atas lereng. Pada saat badai, pasir di dalam kantong-kantong ini akan mengikis dan kantong-kantong itu sendiri akan bergerak ke bawah melalui lereng.

Kantong geobag adalah produk geosintetik yang terbuat dari polyester atau polipropylena dan digunakan untuk melindungi struktur hidrolik dan tepian sungai dari gerusan erosi atau abrasi pantai yang parah. Produk ini dirancang untuk diisi dan dipasang saat pembangunan struktur laut dan hidrolik.

Berbagai Aplikasi dari Geobag:

  • Perlindungan Tepian Sungai
  • Perlindungan Pantai
  • Pemecah gelombang lepas pantai
  • Struktur Penahan Lereng, dll

Apabila anda tertarik untuk mengetahui fungsi produk ini, anda bisa menghubungi kami di no 0812-8462-4462.

Abrasi Pantai

Keunggulan geobag dalam mengatasi abrasi pantai :

  • Dibuat dengan dimensi/ukuran sesuai kebutuhan
  • Praktis dan ramah lingkungan
  • Dapat diisi dengan material setempat
  • Pemasangan mudah, dapat disesuaikan dengan permukaan yang akan dilindungi.
  • Harga ekonomis
  • Pemasangan yang cepat

geobag

Dampak Pada Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir Masyarakat

Geobag adalah jenis geosintetik yang bekerja dengan cara membungkus material lokal (pasir) dalam satu kesatuan yang digunakan untuk membangun barisan kapal, pemecah gelombang, kanal untuk pesawat, dermaga, pembangunan pelabuhan, pantai, dll. Yang terbuat dari kain geotekstil atau kain non woven, dapat menggunakan geoetextile dengan gramasi 600 g/m2 sampai dengan 1500 g/m2. Dapat menggunakan jenis bahan geotextile yang terbuat dari polyester (PET) atau polypropylene (PP).

Geobag adalah sebuah kantung dari bahan Geotekstil. Yang berfungsi sebagai Pelindung dan kemasan agregat untuk penahan Tanah longsor atau pemecah gelombang Pantai.  Selain itu, produk kantung ini bisa menjadi penghalang luapan Air di sistem irigasi, perkuatan tanah longsor atau sebagai penghalang sebagai luapan air di pantai.

Fitur dan Aplikasi Geobag:

  • Sebagai pemecah ombak
  • menangkal abrasi dan menahana gelombang yang datang
  • Bantalan penahan tanggul
  • konstruksi lahan basah
  • Penahan tumpukan material
  • Sebagai pembungkus

Geobag

Lebih Efektif Mana, Tumpukan Batu atau Geobag?

Menggunakan salah satu fungsi geosintetik yaitu sebagai penahan cairan (Containment), Penggunaan Geotextile Containment dalam suatu konstruksi dapat menggabungkan bahan sintetik (geotekstil) dan bahan alam seperti pasir atau lumpur yang berfungsi sebagai penahan cairan.

Geotextile containment, telah digunakan selama bertahun-tahun untuk berbagai aplikasi hidrolik dan kelautan. Yang paling umum dan banyak digunakan, adalah karung pasir yang sudah sering terlihat di seluruh dunia, yang dapat memberi perlindungan terhadap banjir pada saat bencana alam terjadi.

Ada tiga tipe dasar unit Geotextile Containment (geotekstil penahanan), yang dibedakan berdasarkan bentuk dan volume geometris:

  1. Geotextile Tubes /Geotube (tabung geotekstil)
    Tabung geotekstil adalah wadah berbentuk tabung yang dibentuk secara in situ di darat maupun di air.
    Tabung geotekstil diletakkan dan diisi di lokasi sesuai bentuk geometris yang diperlukan. Tabung diisi dengan pengisian yang dipompa secara hidrolik ke dalam tabung. Tabung geotekstil memiliki ukuran mulai dari 1 m hingga 10 m dengan diameter, dan panjang hingga 200 m.
  2. Geotextile Containers (wadah geotekstil)
    Wadah geotekstil adalah wadah bervolume besar yang diisi dengan tongkang di atas air dan kemudian diendapkan ke lingkungan bawah laut.
    Wadah geotekstil adalah wadah bervolume besar yang diisi di atas air kemudian ditempatkan dan diletakkan di kedalaman air. Volume kontainer ini pada umumnya berkisar dari 100 m3 hingga 700 m3, meskipun kontainer sebesar 1000 m3 telah dipasang. Untuk memfasilitasi pemasangan kontainer geotekstil sebesar ini, sistem pemasangan yang efisien dan praktis harus digunakan. Sampai saat ini, hal ini telah dilakukan dengan menggunakan tongkang dengan dasar terpisah.
  3. Geotextile Bags / Geobag (tas geotekstil)
    Tas/Kantong geotekstil adalah wadah bervolume kecil yang diisi di darat atau di atas air dan kemudian ditempatkan di dekat air atau di bawah permukaan air.
    Tas geotekstil diproduksi dalam berbagai bentuk, dan dipasang dalam pengaturan berpola yang sangat meningkatkan stabilitas dan kinerjanya secara keseluruhan. Saat ini, volume tas geotekstil berkisar dari 0,05 m3 hingga sekitar 5 m3, dan dapat berbentuk bantal, kotak, atau kasur, tergantung pada aplikasi yang diperlukan.

Menanggulangi Abrasi Pantai dengan Geobag

Geobag bisa menjadi solusi cepat dan murah dalam mengatasi abrasi pantai. Kelebihan menggunakan geobag di sekitar pantai yaitu:

  1. Harganya Yang Murah
    Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan adalah harga murah. Anda tidak perlu membeli banyak perangkat yang harganya mahal untuk memblokir gelombang laut. Cukup dengan menggunakan geobag, sangat efektif karena harganya yang terjangkau. Yang harus Anda beli hanyalah karung yang akan menampung tanah di dalamnya. Anda juga membutuhkan tali yang akan dijahit ke dalam geobag. Tidak perlu biaya banyak untuk membeli karung dan tali. Harganya murah, Anda bisa melakukannya dalam jumlah besar sekaligus.
  1. Diisi Material Setempat
    Saat membuat geobag, Anda tidak perlu mengkhawatirkan isian bahan baku. Geobag membutuhkan bahan yang kokoh untuk diisi ke dalam karung. Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan geobag ini mudah didapat. Anda hanya perlu menggunakan material yang ada di area tersebut agar lebih efektif. Seperti halnya Anda membuat geobag untuk pembatas pantai, Anda dapat menggunakan pasir pantai atau bebatuan di sekitar pantai. Yang terpenting adalah materialnya berat, sehingga jika geobag terkena gelombang ia tidak akan terbawa gelombang ombak laut.
  2. Dapat Dibuat Sesuai Ukuran
    Selain itu, Anda tidak perlu khawatir mengenai mengalami masalah ukuran. Anda bisa menyesuaikannya dengan selera Anda. Orang biasanya membuat geobag berdasarkan ukuran tas yang mereka gunakan dan mengisinya dengan lengkap. Semakin besar ukuran geobag, semakin efektif. Ini karena gelombang besar yang datang terhalang oleh geobag yang telah dibuat.
  3. Praktis dan Ramah Lingkungan
    Keunggulan lainnya adalah praktis dan juga ramah lingkungan. Terbuat dari bahan alami, hal ini tentunya tidak akan mencemari lingkungan sekitar pantai. Penggunaan geobag akan berdampak positif bagi proyek Anda, gelombang pantai juga akan tertahan karena adanya geobag.

 Apabila anda tertarik untuk mengetahui fungsi produk ini, anda bisa menghubungi kami di no 0812-8462-4462.

geobag

Geobag untuk Melindungi Pantai

Apa itu geobag? Geobag adalah kain geotekstil non woven yang diisi dengan tanah dan dijahit sehingga menjadi bantalan yang dapat digunakan untuk menggantikan batuan. Atau dalam kasus lain geobag ini berfungsi menggantikan panel pelindung pantai yang lebih sederhana. Inilah yang dikenal sebagai geobag geotekstil.

Dengan kata lain, geobag merupakan salah satu material yang biasa digunakan untuk mengatasi abrasi atau gelombang pemecah gelombang. Bahan dasarnya dibuat dalam karung yang disatukan. Semua geobag yang sudah dibuat akan disusun di tepi pantai membentuk backlog. Hal tersebut akan memberikan manfaat untuk mencegah terjadinya erosi yang terjadi akibat gelombang pantai. Perubahan iklim dan cuaca sering berubah, terkadang potensi gelombang besar bisa terjadi secara tiba-tiba. Ini pasti berdampak negatif jika tidak ada geobag di pantai. Tanpa geobag, ombak akan mudah masuk ke kawasan pemukiman. Kondisi lingkungan akan rusak jika geobag tidak dipasang.

Begitulah penjelasan tentang geobag dan juga fungsinya. Penggunaan geobag tentunya akan membawa banyak manfaat bagi lingkungan.

 

Apabila anda tertaik untuk mengetahui fungsi produk ini,
anda bisa menghubungi kami di no 0812-8462-4462.

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar