Apa Itu Geobag dan Bagaimana Cara Pemasangannya

Apa itu Geobag?

Geobag adalah bahan yang biasa digunakan untuk mengatasi abrasi atau pengikisan pinggir sungai serta dapat digunakan untuk memecah gelombang laut. Geobag bisa dibuat dari bahan geotextile woven dan non woven. Namun pada umumnya geobag yang sering kita lihat dibuat dari Non Woven. Bahan ini kemudian dijahit menjadi kantung dan diisi pasir/ tanah.
Geotekstil yang terbuat dalam bentuk fleksibel ini, telah banyak digunakan untuk mengisi berbagai bahan bagi sejumlah aplikasi.

Geobag

Beberapa aplikasi termasuk:
1. kantong geotekstil berisi pasir untuk perlindungan pantai dan pengendalian erosi,
2. lumpur dan tanah liat yang dikeruk untuk pengeringan pelabuhan dan sedimen sungai dan
3. memisahkan bahan yang tercemar dari pelabuhan, sungai dan proses industri untuk tujuan pengeringan dan dekontaminasi.

Bentuk Geotextile tersebut banyak disebut dengan berbagai nama seperti Geotextile Containers, Geotekstil Sand Container, Sand Bag, Geobag.
Kantong geobag adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam proses ketahanan abrasi yang disebabkan oleh kondisi lingkungan yang ekstrim. Pemanasan global yang terjadi saat ini membuat kondisi global semakin tidak terkendali, apalagi dengan efek pemanasan yaitu mencairnya es kutub sehingga air laut menjadi naik dan menimbulkan pasang surut. Oleh karena itu Geobag berperan sebagai material yang mampu mencegah dan memungkinkan penanganan abrasi.
Penggunaan geobag umumnya banyak digunakan pada konstruksi bangunan, seperti bendungan, irigasi dan lain-lain yang bertujuan untuk perlindungan terhadap abrasi

Mengenal Apa Itu Geobag

Geobag adalah kantung/karung geotekstil berisi pasir/ tanah yang sangat kuat yang memiliki berbagai ukuran. Bisa digunakan di tepi sungai, pelindung pantai, dan bendungan lepas pantai.
Geobag juga kadang disebut sebagai Geotekstil Sand Container(GSC). Sebuah produk dengan biaya rendah, lentur dan dapat digunakan untuk struktur perlindungan pantai dan dapat memperkuat timbunan dan struktur pantai.
Dengan banyak keuntungannya, Geobag menjadi semakin populer sebagai alternatif konstruksi yang tradisional. Namun, Geobag masih merupakan teknologi baru dan belum ada pedoman yang tepat untuk desain struktural Geobag.

Geobag dapat di aplikasikan untuk:
• Perlindungan pantai / sungai
• Perlindungan air
• Pengatur aliran air

geobag

Ukuran Geobag

Erosi tepi sungai adalah masalah yang dihadapi dunia dan masalah ini semakin meningkat seiring dengan peningkatan aktivitas manusia yang menyebabkan banyaknya saluran yang berubah. Pencegahan erosi tepian dimungkinkan melalui restorasi dengan struktur pengendali erosi. Saat ini Industri tekstil telah mengembangkan sebuah produk dengan aplikasi untuk pengendali erosi, dan memunculkan sebuah produk baru bernama geotekstil.

Salah satu aplikasi geotekstil tersebut adalah geobag. Penggunaan Geobag adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mengatasi erosi tepi sungai.
Geobag dibuat dari geotextile jenis non woven atau woven. Namun pada umumnya banyak praktisi yang membuat geobag dari bahan geotextile non woven. Untuk pilihan bahannya, bisa disesuaikan dengan lokasi pekerjaan. Ada 2 pilihan jenis bahan, bahan Polyester (PET) dan bahan Polypropylene (PP).
Dikarenakan geobag ini adalah sebuah karung yang dijahit, jadi ukurannya sendiri dapat menyesuaikan dari kebutuhan lokasi pekerjaan.

Fungsi Geobag

Fungsi Geobag
• Perlindungan pantai dari abrasi
• Pemecah gelombang di pantai
• Tanggul untuk menahan timbunan
• Konstruksi lahan basah

Kekurangan Geobag
• Jika penginstalan salah, geobag rentan terhadap terjangan gelombang. Selalu pastikan geobag berada di posisi pasang yang benar.

Manfaat Geobag
• Ukuran dapat dibuat sesuai kebutuhan
• Pemasangan mudah dan aman terhadap lingkungan
• Bisa diisi dengan material lokal yaitu pasir / tanah
• Mudah dipasang dan dapat menyesuaikan bentuk permukaan untuk perlindungan sementara
• Harganya ekonomis

Kelebihan Geobag

Ada banyak sektor yang bisa menggunakan geobag, seperti sektor transportasi, sumber daya air, irigasi dan pengendalian banjir, pelabuhan, dan tambang. Geobag dapat ditempatkan di darat serta dipasang di air dengan kedalaman berapa pun.

Kelebihan Penggunaan Geobag:
• Geobag adalah produk pengendali erosi all-in-one, filtrasi, dan drainase untuk sektor pesisir.
• Struktur pelindung yang lembut dengan ketahanan UV.
• Geobag sangat ramah lingkungan, mengurangi jejak karbon, dan memiliki dampak buruk minimal terhadap lingkungan.
• Hemat biaya dan solusi reversibel untuk struktur perlindungan pantai.
• Geobag tersedia dalam berbagai kekuatan/ kuat tarik dan berbagai ukuran agar sesuai dengan aplikasi tertentu.
• Alternatif yang sangat layak dan dapat diakses untuk bahan perlindungan laut konvensional.
• Geobag mengubah tanah yang rawan erosi menjadi tahan erosi.
• Geobag mudah untuk diinstal dan dipelihara.
• Geobag memiliki ukuran pori-pori kecil dengan permeabilitas tinggi.
• Geobag memiliki ketahanan abrasif yang sangat baik.
• Memiliki kekuatan dan daya tahan tinggi

Geobag

Aplikasi dan Keunggulan Geobag
Geobag memiliki manfaat yang luar biasa jika dibandingkan dengan sistem pengendalian sedimen yang dipasang secara permanen. Produk ini sangat serbaguna dan dapat digunakan secara berbeda untuk tujuan yang berbeda.

• Geobag membantu perlindungan jangka panjang di tepi sungai, dan pelindung dinding laut.
• Saat digunakan di struktur Groyne, Geobag akan membantu memperlambat pergerakan air.
• Kantong geotekstil yang diisi lumpur lapisan membantu dalam pembangunan tanggul.
• Geobag juga disebut kantong pengeringan. Di sini, geobag bertindak sebagai filter, mengeluarkan air tidak beracun dari bubur. Air yang tidak terkontaminasi akhirnya merembes keluar dari geobags, menahan padatan di dalamnya agar mudah dibuang.
• Penggunaan luas lainnya adalah untuk perlindungan lepas pantai.
• Geobag sangat ekonomis untuk dibangun sebagai penahan sementara, mudah dilepas setelah tujuan penahanan tercapai.
• Sebagai perlindungan aliran.
• Kantung yang dapat berfungsi untuk perlindungan dari banjir

Geobag dibuat dari wadah tubular berkekuatan tinggi, terbuat dari geotekstil permeabel dan tahan terhadap sinar ultra-violet dan tekanan yang terkait dengan pengisian dan penempatan termasuk: abrasi, robekan, tusukan, dan perataan. Faktor ini memastikan kinerja pengeringan dalam masa jangka panjang.

Ukuran pori kain Geobag memainkan peran utama. Seperti ketika tabung ini digunakan dalam bubur pengeringan, kue filter terbentuk pada antarmuka kain tabung. Pembentukan cake filter, yang mengarah pada retensi partikel tanah, dapat dikontrol oleh bukaan pori geotekstil, ukuran partikel, kadar air slurry, dan tekanan pemompaan.

Baca Juga:
Analisa Geobag Sebagai Pelindung Pantai

Bagaimana Cara Pemasangan Geobag?

Karung pasir geobag dapat ditempatkan sebagai berikut:
1. Sebagai selimut: Satu atau dua lapis karung ditempatkan langsung di lereng. Proses “saling mengunci” akan terjadi jika lapisan kantung terisi penuh. Apabila kantong geobag kemudian menjadi terlalu bundar, maka solusinya adalah dengan tidak mengisi tas terlalu penuh, sehingga setiap sisi bisa menjadi agak rata.
2. Sebagai tumpukan: Tas ditumpuk dalam bentuk limas (piramida). Kantong-kantong itu ditumpuk setengah tumpang tindih dengan sisi panjang yang sejajar dengan garis pantai. Saat memasang geobag, harus dipastikan tidak ditumpuk di atas fondasi yang kasar/ tajam, yang dapat merusak karung. Geobag tidak boleh diisi terlalu penuh, dengan rasio pengisian sekitar 75%, sehingga stabilitas elemen yang optimal akan tercapai.

Menanggulangi Abrasi Pantai dengan Geobag

Geobag sebuah produk yang hemat biaya dan kuat. Karena keserbagunaannya dalam fungsi dan ketersediaan dalam berbagai ukuran, geobag dapat digunakan untuk berbagai proyek yang sesuai dengan kebutuhan klien, seperti untuk perkuatan lereng, perbaikan erosi pantai dan perkuatan tanggul.

Geobags terbuat dari geotekstil yang berisi pasir, juga tersedia dalam berbagai ukuran, ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien. Geobag juga mempunyai nama lain sebagai Geotextile Sand Containers (GSC) dan pada dasarnya adalah sebuah sistem perlindungan untuk garis pantai.
Geobag memiliki 2 jenis bentuk tampilan. Tergantung pada geotekstil yang digunakan, dapat berupa geobag woven atau geobag non woven. Bahan yang digunakan dapat menggunakan jenis bahan polypropylene (PP) atau bahan polyester (PET).

Fungsi Geobag yang paling utama adalah:
Bangunan pelindung pantai/ sungai dengan tujuan melindungi sungai/ pantai dan perlindungan banjir/ erosi pantai. Pondasi geobag juga dapat membantu melindungi struktur hidrolik.
Perubahan iklim yang ekstrim dan pemanasan global yang terjadi beberapa dekade ini, membuat lingkungan bumi menjadi tidak stabil. Efek yang langsung dirasakan, bisa dilihat di daerah kutub, yaitu semakin cepatnya gunung Es mencair dan membuat air laut menjadi pasang/ naik.
Keadaan ini membuat banyaknya abrasi terjadi di daerah pantai. Dan efek abrasi ini, mempunyai pengaruh besar kepada lingkungan terutama manusia nya sendiri. Dibutuhkan sebuah upaya untuk mencegah abrasi meluas lebih parah.
Sekarang ini, banyak orang menggunakan Geobag sebagai upaya untuk menahan gelombang / pelindung abrasi. Bahan geobag sangat efisien, praktis dan ekologis, sehingga berbagai fungsi ini menjadi alasan mengapa Geobag banyak digunakan di masyarakat luas.

geobag

Apa Bedanya Geobag dengan Geotube?

Apa beda Geobag dan Geotube??
Geotube adalah bahan pelindung pantai yang menghalau tergerusnya partikel tanah atau pasir secara terus menerus dari gelombang atau arus laut, serta digunakan untuk menghilangkan air limbah dan lumpur yang terkontaminasi.

Penggunaan Geotube sangat sederhana, tanpa mekanisme yang rumit. Wadah dewatering Geotube ini menggunakan geotekstil yang direkayasa dari benang polypropylene multifilamen dan monofilamen. Bedasarkan volumenya, Geotube terdiri dalam berbagai ukuran. Kemampuan adaptasi Geotubes memungkinkan untuk memasangnya di wadah roll-off seluler dan mengangkutnya sesuai kebutuhan.

Sektor yang dapat menggunakan Geotube, seperti Pengelolaan limbah, pelabuhan dan laut, sumber daya air, pengendalian banjir, dan pertambangan.

Fungsi Geotube:
Pengeringan, perkuatan.

Manfaat Geotube
• Geotube tahan terhadap degradasi biologis dan bahan kimia alami lainnya,
• Serbaguna dalam aplikasi dan hemat biaya dibandingkan dengan struktur pelindung yang keras.
• Secara ekologis, Geotube aman dari dampak minimal terhadap lingkungan,
• Memiliki ketahanan UV yang tinggi.
• laju aliran tinggi memungkinkan pengurasan yang cepat.
• Kekuatan jahitan yang sangat baik memungkinkan Geotube menahan tekanan pemompaan.
• Teknologi pengurasan Geotube adalah teknologi pilihan untuk berbagai organisasi, besar dan kecil, secara global.

geobag

Aplikasi
• Geotube dapat diaplikasikan dalam pekerjaan kelautan,
• Geotube berperan penting dalam melindungi garis pantai dan struktur laut.
• Dalam bidang teknik lingkungan, Geotube sebagian besar digunakan untuk pengurasan lumpur
• Instalasi pengolahan air limbah kota juga dapat menggunakan Geotube.
• Geotube juga bisa berguna dalam remediasi kelautan.
• Dalam industri pertambangan dan pengolahan mineral, Geotube juga memiliki kegunaan yang bervariasi, termasuk memulihkan bahan-bahan berharga.
• Geotube untuk proses pulp & kertas
• Geotube untuk Ekstraksi minyak
• Pertanian
• Makanan dan minuman
• Konstruksi dan pipa
• Pengeringan rembesan

Pengeringan adalah tugas utama yang diharapkan dari kerja Geotube. Ini dirancang untuk menampung dan mengeringkan hasil pengerukan, lumpur industri dan kota dan produk bubur lainnya. Jika sudah diisi dengan material berkadar air tinggi dengan pemompaan hidrolik, maka dibiarkan menjadi dewater. Untuk pengurasan yang berhasil, tabung persyaratan pertama tidak boleh tersumbat selama proses dan persyaratan kedua adalah kinerja penyimpanan yang berhasil.

Tinggalkan komentar